Tuesday, November 6, 2018

CERITA SERU PENGALAMAN MEWAKILI INDONESIA KE AMERIKA



Waktu yang ditunggu-tunggu pun datang tepat pada tanggal 24 Juni 2018, saya dan siswa bertolak ke Hawaii untuk mengikuti serangkaian acara yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Hawaii dan Korea yang bernama E-ICON World Contest yang ke 8 di Honolulu, Hawaii, USA.

Perjalanan yang sangat panjang karena kami harus transit terlebih dahulu di Narita Japan, dengan waktu 6 Jam perjalanan. Setibanya di Narita, kami langsung mencari musolah yang katanya di Jepang sudah banyak di setiap terminalnya, jadi untuk umat muslim tak perlu khawatir akan hal itu. Di Narita kami menunggu 4 jam untuk kembali perjalanan menuju Hawaii, saat itu kami hanya menghabiskan waktu dengan bermain game dan sesekali berselfie ria, karena kapan lagi bisa berfoto di Jepang walaupun hanya di bandaranya saja heheheh. Kemudian di narita saya pun tidak membeli apa-apa dikarenakan uang rupiah sudah ditukerkan ke Dolar US dan hanya ada Rp. 200.00 yang saya tukarkan kebentuk Yen, dikarenakan saya haus dan akhirnya membeli sebuah air mineral, dalam hal komunikasi di Jepang, saya pun tidak masalah karena saya sendiri adalah guru bahasa Jepang, namun lucunya dan sedikit heran juga sih, kenapa pedagang disana disaat saya bertanya menggunakan bahasa Jepang mereka jawab pakai bahasa Inggris.

4 jam menunggu di bandara pun telah berlalu, saya dan siswa pun sudah kembali masuk ke dalam pesawat JAL jangan ditanya harganya berapa, yang jelas kami di bayarin oleh panitia, hehehehe. Pramugarinya cantik persis artis-artis Jepang gitu, makanannya enak banget, pokoknya kita benar-benar di servis dengan baik. Perjalanan dari Jepang ke Hawaii pun hampir sama dari Indonesia ke Jepang yaitu 6 jam, jadi total perjalanan kami yaitu 12 jam di dalam pesawat. BT ? ya tentu, walaupun pihak JAL memberikan fasilitas ya Woooww, tapi lama kelamaan kita jenuh juga, tapi semua itu terbayar saat kita tiba di Honolulu, Hawaii, USA dengan selamat, ya itu yang terpenting kita sampai dengan selamat.


Setelah menginjakkan kaki di tanah Hawaii, mulut saya tidak henti-hentinya berkata Allhamdulillah, karena apa, jujur gak nyangka saya bisa ke Hawaii, terlebih saya ke Hawaii sebagai seorang perwakilan guru dari Indonesia untuk menghadiri acara yang sudah saya paparkan di atas bertemu dengan guru kurang lebih dari 24 negara yang ikut. Hawaii panas tapi bersih banget, negaranya teratur dan sedikit kendaraan yang melintas sana sini, menurut saya Hawaii minim polusi udara, karena saya mencium bau muka saya ketika cuci muka itu gak bau sama sekali.

Mata uang yang digunakan oleh Hawaii, tentu Dollar, saat di Indonesia saya dan siswa sempat galau, karena rupiah masuk ke angka Rp.14.000 per 1 dollar nya, dan kalau pembaca blog saya yang ingin ke Hawaii, saya sarankan untuk menggunakan travel insurance, karena disana itu serba mahal.

Setibanya kami di Kota Honolulu, kami pun dibawa oleh salah satu panitianya untuk mengelilingi tempat wisata yang ada di dekat sana. Seusainya kami melihat-lihat tempat wisata, kami pun diajak makan oleh panitia tersebut. Sumpah, saat itu kami ketakutan, takut gak bisa kebayar, karena tahu sendiri uang saku kami rata rata bawa 150$ sedangkan makan disana sekali makan itu bisa ratusan rupiah, sedangkan kami baru hari pertama di Hawaii. Saya dan siswa akhirnya memilih menu yang sudah diberikan oleh pelayan restoran, lalu kami buka itu buku menu dengan gemeteran ada kali kami 5 kali buka itu menu dan akhirnya saya dan siswa sepakat memilih makanan hanya Ayam goreng, nasi dan teh manis, walaupun teh manis di sana gak seperti teh manis di Indonesia, dan itu pun kami habis 200rb, dalam hati saya berkata "Okelah, mengorbankan 200rb di hari pertama". DAN, sengaja saya capslock, makanan yang tadi kami makan bertiga itu dibayarin oleh panitianya. Ketika diluar restoran kami berkata dengan menggunakan bahasa Indonesia, sengaja supaya dia gak ngerti dengan nada kencang sedikit kecewa, kami bertiga kompak mengatakan "TADINYA GITU, KITA PILIH YANG MAHAL". Kalau kalian tanya "Kenapa gak ditanya dulu". Ok, intinya karena GENGSI. Hahahaha.

***

Saya dan siswa menginap dan makan di asrama dan kantinnya Hawaii University. Jujur walaupun katanya kita nginap di Hawaii University, tapi kita gak tahu lokasi kampusnya dimana, karena sebegitu luas dan kita bersosialisasi dengan para Mahasiswanya yang cantik-cantik itu. Di kantin kita gak bayar, sebetulnya bayar sih kan udah ditanggung panitia, tapi untuk melakukan proses verivikasi cukup pakai kartu dan tapping ke ibu kantin yang sudah menyiapkan alatnya.











Monday, November 5, 2018

PERBAIKAN NILAI UTS BAHASA INGGRIS KELAS XI 2018

Cara mengerjakan perbaikan nilai:
- Kerjakan di kolom komentar dengan format sebagai berikut

Name :
Class :
Answer ..........

- Kerjakan jawabannya saja. 

bagi siswa yang mengerjakan pertama akan mendapatkan nilai tambah.

 BATAS PENGERJAAN SAMPAI SENIN MINGGU DEPAN. 


......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1-4

Apt BLK 30, Eunos st.
#05-116
Singapore 1441
2 April 2009

Dear Liza,
I have received your letter asking me to meet at your house this sunday to discuss the urgent matter you have. I regret however to say that it will not be possible for me to see you on sunday as I already have a precious appointment. I shall see you on monday, next week, at 5 p.m. Hoping the change of date will be convenient to you.

Your sincerely ,

Daisy               

1. What does the letter tell about ?
    a. Liza's problem 
    b. Liza's appointment
    c. Daisy's previous letter to Liza
    d. Daisy regret for not being able to come
    e. A meeting held at Liza's house


2. Why did Liza ask Daisy to come to her house?
     a. Liza wanted Daisy to solve her problem 
     b. Daisy would discuss her problem with Liza
     c. Liza persuaded Daisy to go somewhere
     d. Daisy wanted to meet Liza's family
     e. Liza wanted to chat with Daisy


3. Why could not Daisy come to Liza's house?
    a. Because she wanted to meet at Daisy's house
    b. Because she had a more important appointment
    c. Because she did not have a soulution for Liza's problem
    d. Because she was not convenient to see Liza at her house
    e. Because Liza suddenly changed the date of the appointment


4. "Hoping the change of date will be convenient to you."
the underlined word has similar meaning with.....
    a. suitable
    b. comfortable 
    c. easy
    d. happy
    e. enjoyable 


Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 5-8

Mr. & Mrs. John Smithson
Invite you to share in the celebration
of the marriage of their daughter

NATALIE NICOLE
To
DANIEL BENJAMIN SAMSON

Saturday, the Tenth of February
Two Thousand and Eleven
At Three O'clock
At
Saint Mary Star of the Sea
1010 Windsor Lane
R.S.V.P (453334234)

5. What is the text about?
    a. An anniversary celebration 
    b. An anniversary to Mr, & Mrs. Smithson's wedding
    c. An invitation to Natalie and Daniel birthday party
    d. A meeting at Saint Mary of the Sea
    e. An invitation to Mr. & Mrs. Smithson's daughter's wedding


6. Where will the event be held?
    a. At Mr & Mrs. Smithson's house
    b. At Saint Mary Star of the Sea
    c. At Natalie's house
    d. At Daniel's house
    e. At the church 


7. What time will the event start?
    a. At 2 o'clock
    b. At 3 o'clock
    c. At 10 o'clock
    d. At 11 o'clock
    e. At 12 o'clock


8. Which of the following is NOT TRUE according to the text?
    a. Mr & Mrs. Smithson are going to celebrate their daughter's wedding
    b. Natalie and Daniel are going to marry in 2011
    c. The invitation does not need a reply
    d. Mr & Mrs. Smithson are Natalie's parents
    e. The event will be held in February 


Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 9-10

The Principal, staff and students of 
Gayatri Devi Sr. Sec. School, Delhi
Cordially invite you to their 
40th founder's Dat Celebrations
On Saturday, 12 November 2000
At 6 p.m. in the School Premises


Shri Shahreer
(Chief Minister of Delhi)
Has kindly consented to be the Chief Guest


R.S.V.P
Admn. Officer ( Guests are requested to be in their seats by 5.45 p.m)
phone : 24423769

9. The text above is a/an....
    a. memo
    b. personal letter
    c. invitation
    d. announcement
    e. advertisement 


10. What kind of event will be held based on the text above ?
      a. School anniversary celebrations
      b. Principals' meeting
      c. Parents' meeting
      d. Founder's Day Celebrations
      e. Administration officer' meeting






Sunday, July 29, 2018

SISWA SMKN2 KOTA TANGERANG KEMBALI MENYABET JUARA DALAM PERLOMBAAN BAHASA JEPANG TINGKAT JABODETABEK

Jakarta, 28 Juli 2018


Perlombaan Bahasa Jepang yang digelar pada acara Bunka No Hi yang dapat diartikan sebagai Hari Kebudayaan di STBA LIA Jakarta, mendapatkan respon yang sangat baik, pasalnya pada acara tahunan yang diselenggarakan oleh STBA LIA menyajikan serangkaian acara perlombaan pendidikan bahasa Jepang dan festival kebudayaan, disamping itu terdapat jajanan khas Jepang yang dapat memanjakan mata dan lidah kita.
Pada acara ini siswa SMK Negeri 2 Kota Tangerang pun ikut berpartisipasi dalam perlombaan dan berhasil menyabet Juara 1 di perlombaan Cerdas Cermat berbahasa Jepang.


Proses penyerahan piala dan uang tunai

            Adapun perwakilan siswa SMK Negeri 2 Kota Tangerang yaitu Fahmi Adhiansyah, Alip Febriza dan Muhammad Arsyi, ketiga siswa ini selalu difokuskan dalam perlombaan Cerdas Cermat, Tim KBJNews sempat mewawancarai Eky Shalsabiq atau biasa dipanggil Eky Sensei guru bahasa Jepangnya “Sengaja untuk Tim Cerdas – Cermat saya selalu memasangkan mereka, karena memang mereka saya fokuskan dan saya didik untuk di Cerdas-Cermat, dulu pun senior nya yang sudah lulus saya perlakukan sama, karena rata-rata rival-rivalnya sudah mahir berbahasa Jepang, jadi tidak boleh asal-asalan dalam memilih siswa yang akan berlomba, agar bisa menghadang perlawanan lawan, dan perlombaan Cerdas Cermat ini bisa dibilang perlombaan yang bergengsi, dan hadiahnya pun lumayan bisa beli smartphone baru” ujarnya.
            Kedepannya tim KBJ (Kelas Bahasa Jepang) SMK Negeri 2 Kota Tangerang sedang mempersiapkan perlombaan selanjutnya yang dekat-dekat ini akan diselenggarakan di UNJ (Universitas Negeri Jakarta). Kita doakan saja semoga tim bahasa Jepang SMK Negeri 2 Kota Tangerang berhasil kembali mendapatkan posisi juara 1. TimKBJNews.

Saturday, May 19, 2018

CARA MENGAJUKAN PERMOHONAN VISA AMERIKA AGAR DITERIMA


Hallo, para pembaca setia blog saya, apa kabar, saya harap semua baik-baik saja yah, apalagi dibulan Suci Ramadhan ini semoga selalu diberikan keberkahan oleh Allah, Aaaammmiiinn. Ok, di postingan kali ini saya ingin membagi pengalaman saya ketika saya mengajukan permohonan Visa Amerika, karena Insha Allah, bulan depan saya akan pergi ke Hawaii sebagai delegasi dari Indonesia. Menurut saya mengajukan permohonan Visa Amerika gampang-gampang susah, tidak sesulit apa yang kata orang katakan, namun disini saya menyarankan agar teman-teman semua ketika ingin berencana ke Amerika alangkah baiknya ajukan jauh-jauh hari jangan seperti saya tinggal sebulan lagi berangkat baru mau dibikin, untung saja Allah mempermudah saya, dan sangat disarankan JANGAN terlebih dahulu memesan tiket pesawatnya, karena kita kan gak tahu Visa kita diterima atau tidak, lebih baik kita membaca dulu dan mengikuti perintah yang tertulis pada website resmi kedutaannya silahkan klik disini http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-visaapply.asp kita ikuti saja langkah-langkah yang diberikan. dan berikut pengalaman saya ketika saya mulai mengisi DS-160 nya.

Pertama, kalian pilih tipe visa yang akan kalian ajukan, dan itu tidak boleh salah. Kalau sampai salah, bisa vatal urusannya, bisa-bisa Visa kalian ditolak, dan kalau ditolak kalian harus bayar lagi sesuai tipe visa nya masing-masing. Kalau kalian ingin ke Amerika karena ada urusan, undangan dan liburan kalian bisa pilih tipe B1/B2 dengan biaya Rp.2.240.000 atau sesuai nilai tukar rupiah terhadap dolar saat ini.

Kedua, kalian isi formulir DS-160 yang ada di website resminya atau kalian bisa klik link yang saya cantumkan tadi di atas. Isilah dengan teliti, sesuai dengan KTP atau Paspor kita, dan tidak boleh memanipulasi data, karena urusannya berabe. Nah, kalau salah dalam pengisinnya gimana Mas Eky? Kalian isi lagi di formulir barunya, karena selagi kita belum membayar dan membuat akun Visa kita dilangkah berikutnya, kita masih diperbolehkan. Oh iya, jangan lupa fotonya ukuran 5x5 karena semua negara memiliki ukuran berbeda loh. dan backgroudnya harus putih dan baju bebas namun saya sarankan kalau yang laki pakai kemeja atau batik.

Ketiga, setelah kita mengisi formulirnya dengan benar langkah selanjutnya adalah membayarnya, untuk proses pembayarannya Amerika memiliki 2 opsi yaitu tunai atau non tunai, namun disini saya sarankan untuk tunai dan bayar langsung di CIMB Niaga mana saja. Sebelum kalian ke bank, kalian harus print terlebih dahulu pemberitahuan pembayarannya yang kalian dapatkan dari email. Karena nanti pihak bank akan meminta itu.

Kempat, setelah kalian membayar visanya ke bank, kalian diarahkan untuk memasukan virtual accountnya terlebih dahulu, biasanya proses ini menunggu 1 hari lamanya baru bisa aktif, contoh, kalau kalian bayar hari ini, maka akan aktifnya itu esok hari tepat jam 12 siang.

Kelima, setelah kalian memasukan virtual account nya, kalian harus membuat akun visanya, untuk link nya masih sama tinggal klik saja link yang diatas yah. Nah, diproses yang ini, kalian mulai memilih tanggal wawancara, lokasi, dan pengambilan Visanya ketika visa kalian diterima. Ingat, ketika kalian sudah memilih tanggal wawancaranya, namun hari H kalian berhalangan hadir, kalian bisa atur jadwal lagi, dan ini hanya diberika kesempatan 3 kali, kalau saya tidak salah baca.

Keenam, waktunya deg-degan, kita percepat saja yah. Proses yang terakhir ini ada 2 sistim antri, pertama antri pengecekan berkas, kedua antri untuk wawancaranya. Dalam wawancara, tentu yang namanya mau ke Amerika harus menggunakan bahasa Inggris, karena yang akan mewawancarai kita itu orang Amerika langsung. Saat wawancara, jangan sekali-kali menutup-nutupi yah, karena akan ketawan, yang artinya jangan ada dusta diantara kita hahahahaah.

#Note dari pengalaman saya mengajukan Visa Amerika, walaupun banyak yang bilang seram, menegangkan, takut ditolak, itu sebetulnya gak gitu-gitu amet. Asalkan berkas kita lengkap, tujuan kita jelas, dan saat wawancara kita sesuai dengan rencana kita, Insha Allah Visa kita akan diterima, dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu yah. Semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua, jangan lupa datang lagi yah. Sallam.


Sunday, April 1, 2018

Cara Efektif Belajar Bahasa Asing

Halo Guys, sudah lama nih gak posting materi lagi, bukannya malas, tapi karena lagi ada kesibukan lain sehingga  saya gak ada waktu untuk memposting lagi. Nah, kali ini, saya akan membagi cara efektif mempelajari bahasa asing, dan ini semua berdasarkan pengalaman saya saja yah.


Pertama ketika kita berencana untuk mempelajari bahasa Asing adalah SUKA. Ya, kata itulah yang saya tanam pada diri saya ketika ingin mempelajari bahasa Asing. Kenapa harus SUKA dulu, karena kalau kita sudah suka dengan bahasa tersebut, pasti kita akan mudah mempelajarinya seolah-olah alam berpikir kita terasa open untuk menerima bahasa tersebut. Saya punya pengalaman ketika masih kuliah dulu, waktu itu lagi ngetren-ngetrennya bahasa korea karena K-Pop dan Dramanya, saya pun sempat terbawa arus tersebut, lambat laun saya menjadi penasaran dan berniat untuk mempelajari bahasa Korea, tapi apa daya sebulan saya belajar rasanya susah banget otak saya menerima bahasa korea apalagi lidah saya terasa kaku ketika mencoba menyebutkan bahasa tersebut, dan akhirnya saya pun memutuskan untuk berhenti.

Kedua, hafalkan kosakatanya terlebih dahulu, karena menurut saya dengan mempebanyak pembendaharaan kata yang kita hafal bisa mempermudah kita untuk memahami dari setiap kalimat yang kita baca.

Ketiga, baca dan artikan, kenapa harus baca dan artikan, karena dengan membaca kita bisa melatih conversation dan listeningnya, lalu setelah membaca kita coba artikan dari setiap kalimat tersebut, sehingga kita menjadi terbiasa. 

Keempat, conversation, kita bisa latihan conversation sendiri atau dengan teman yang satu niat dalam mempelajari bahasa asing. Atau jika kita mempunyai teman orang asing yang bahasanya sedang kita pelajari itu lebih baik lagi. 

Kelima, Grammar. Kenapa Grammar ditaruh di terakhir, karena dari para peneliti bahasa yang pernah saya baca, grammar ditaruh diakhir, karena dalam secara logika menurut saya, kita aja kalau ngomong bahasa Indonesia jarang menggunakan grammar yang tepat, betul kan?, atau kalian baca tulisan saya ini pasti ada grammar yang kurang tepat, tapi kalian paham kan apa yang saya tulis, nah itu maksudnya. 

Keenam, Jangan takut salah, karena kita ini pembelajar dan bukan bahasa asli kita, saya yakin orang asing pun memahami apa yang kita maksud. Intinya bahasa asing itu ceplas-ceplos aja, yang peting sama-sama paham. Tapi, lain hal ketika kita menulis suatu surat resmi yah!. 

Itulah pengalaman saya dalam mempelajari bahasa asing, sehingga sekarang saya menjadi pengajar bahasa Inggris dan Jepang.

Terima kasih sudah membaca blog saya,jangan lupa berlangganan yah.