Friday, October 20, 2017

Cara Ampuh Menguasai Bahasa Asing

Di era sekarang ini pentingnya mempelajari bahasa asing itu bertujuan, agar kita siap untuk bersaing dengan negara lain, kita perlu mempersiapkan semuanya, apalagi negara kita sudah membuka Pasar Bebas Dunia, yang artinya kita sebagai warga negera mau gak mau harus bersaing dengan orang asing yang akan bekerja di negara kita. Lalu, apa yang harus kita siapakan?, tentu yang harus kita siapkan adalah skill/keterampilan kita dalam menguasai apa yang telah kita kuasai selama ini, contoh jika kita lulusan tehnik, berarti kita harus bersaing dengan negara lain yang berhubungan dengan teknologi. Lalu, apa yang harus kita siapkan lagi selain keterampilan?, yang perlu kita siapakn lagi adalah BAHASA, bahasa yang sering di pakai oleh seluruh dunia adalah bahasa Inggris, namun gak menutup kemungkinan kita harus menguasai juga bahasa asing selaian bahasa Inggris, contohnya Bahasa jepang, korea, china dan bahasa asing lainnya. 

Gimana sih cara belajarnya?

Dan, di postingan kali ini saya akan membeberkan pengalaman saya selama saya mengajari siswa saya, yang sekarang sudah berada di perusahaan asing. 

Step 1. Vocabulary. Kenapa harus kosa kata, karena kalau kita hanya mempelajari grammer atau conversation saja, menurut saya, itu sama aja bohong, karena kalau kita minim kosa kata gimana kita bisa conversation, betul ?

Step 2. Baca dan terjemahkan. Kenapa harus membaca, karena ketika kita membaca, sama saja kita secara tidak langsung melakukan conversation, setelah itu kita coba artikan, dari hasil penguasaan kosa kata kita yang sudah kita hafalkan, kalau kita gak tahu, silakan garis bawahi kosa kata tersebut dan cari di kamus.

Step 3. Latihan soal, Nah untuk mengetahui apakah kita sudah menguasai materi tersebut, kita harus mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan bahasa tersebut, atau istilahnya workbook. 

Step 4. Grammar/Tata bahasa, Setelah kita memahami semua itu, mulailah kita pelajari grammar, karena grammar itu sangat penting untuk kita melakukan percakapan. 

Step 5. Conversation, setelah kita melakukan ke 4 step tadi, kita cobalah lakukan percakapan dengan teman kita, atau native yang kita kenal.

Intinya, ini adalah cara saya dalam mengajari siswa saya, jika pembaca punya cara lain, silakan lakukan dengan senyaman mungkin. 

Man Jadda wajada   

No comments:

Post a Comment